Rabu, 09 Agustus 2017

6 Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes

6 Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes - Menentukan jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita setiap harinya dan akan snagat menentukan jenis makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh penderita setiap harinya.

Makanan tersebut dikelompokka menjadi makanan sehat untuk penderita diabetes, makanan yang sehat untuk penderita diabetes melitus dalam hal ini merupakan jenis makanan yang tidak akan menyebabkan lonjakan terhadap kadar gula darah, namun justru akan menjaga atau bahkan menurunkan kadar gula darah yang meningkat.

Makanan yang sehat umumnya makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita adalah yang banyak mengandung serat dan potasium. Berikut ini adalah beberapa daftar makanan yang termasuk dalam kategori makanan sehat diabetes.


  • Konsumsi Buah

Mengonsumsi buah sangat baik bagi kesehatan karena buah mengandung senyawa nutrisi yang diperlukan tubuh. Terdapat beberapa jenis buah yang konsumsinya justru akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Hanya jenis jenis buah tertentu saja yang dapat dikonsumsi oleh penderita, salah atunya adalah mengkudu yang memiliki khasiat yang sama dalam hal menurunkan kadar gula darah. Hanya mengkudu pilihan yang benar benar mampu menjaga kestabilan kadar gula darah. 

Penelitian terakhir menemukan bahwa mengkudu adalah biasa digunakan sebagai komposisi obat herbal diabetes. Mengkudu memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan dan sudah teruji khasiatnya yang telah menunjukkan angka kesembuhan yang sangat luar biasa terhadap penderita diabetes, yaitu sebesar 82% dalam sebuah ujicoba jus buah mengkudu tersebut pasien penderita diabetes bisa mengatasi penyakitnya dengan baik. 

  • Bayam


Sayuran hijau yang satu ini merupakan makanan sehat bagi penderita diabetes, bayam kaya akan klorofil yang berfungsi sebagai zat antioksidan bagi tubuh. Sayuran hijau ini dikenal akan lutein, lutein yang fungsinya mirip dengan karotenoid dapat membantu mengurangi resiko terjadinya kerusakan mata. Dan hal ini karena umumnya penderita diabetes mengalami gangguan pada penglihatannya dan khususnya bagi mereka yang menderita diabetes menahun karena konsumsi sayuran hijau perlu ditambah untuk menjaga fungsi mata agar tetap baik. 
  •  Konsumsi Gula Aren (palm sugar)


Penderita penyakit gula darah yang sedang mengalami gangguan metabolik yang disebabkan oleh gangguan produksi insulin ataugangguan fungsi insulin. Karenanya kadar gula darah penderita diabetes mengalami peningkatan yang cukup signifikan dan guna menjaga kestabilan kadar gula darah atau penderita diabetes diharapkan mengurangi konsumsi gula dan penggunaan gula aren dapat menjadi solusi untuk menjaga agar kadar gula darah tetap stabil.
  • Beras Merah


Beras merah mengandung serat dalam jumlah yang cukup dan beras merah juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggisehingga anda tidak perlu khawatir akan kekurangan sumber energi dengan tidak mengkonsumsi nasi. Mengonsumsi nasi untuk penderita diabetes dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah.
  • Gandum


Gandum adalah makanan yang termasuk makanan sehat bagi penderita diabetes, karena gandum memiliki kaya akan seratnya dan itulah yang membuat gandum masuk kedalam kategori makanan sehat penderita diabetes. Selain kaya akan serat, gandum juga memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang diperlukan tubuh, karbohidrat dalam konteks ini yang merupakan penghasil energi. 

Karbohidart secara umum memang dapat menyebabkan lonjakan pada kadar gula darah, namun itu semua hanya terjadi jika yang dikonsumsi adalah makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana. konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti halnya gandum justru tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gulaa darah. 

Konsumsilah secara rutin bahkan dapat menghambat pelepasan gula ke dalam aliran darah sehingga kadar gula darah dapat terjaga kestabilannya.
  • Oatmeal


Oatmeal juga termasuk kaya akan serat, protein dan karbohidrat. Namun seperti halnya kandungan karbohidrat yang ada pada gandum, karbohidrat yang memiliki oatmeal juga tidak akan menyebabkan lonjakan pada kadar gula darah. Selain itu perlu diketahui  juga bahwa mengonsumsi oatmeal juga sangat dianjurkan mengingat makanan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. 

Dengan adanya fakta bahwa penderita kencing manis mempunyai resiko lebi tinggi untuk terkena penyakit jantung. Jadi konsumsi oatmeal akan sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko tersebut selain menjaga kadar gula darahnya agar tetap stabil. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar