Rabu, 09 Agustus 2017

Waspadai Gejala Diabetes Melitus


  • Waspadai Gejala Diabetes Melitus - Diabetes meliotus atau sering disebut dengan kencing manis adalah salah satu penyakit yang sangat menakutkan dan berbahaya, namun tidak semua orang mengetahui gejala dini diabetes melitus. 



Padahal mengetahui gejala diabetes melitus/ kencing manis secara dini akan dapat membantu keberhasilan dalam mengontrol gula darah tetap terjaga dalam level yangnormal dan tentunya dalam mencegah timbulnya komplikasi yang berbahaya.

Diabetes melitus atau kencing manis meupakan sebuah penyakit dimana kadar gula dalam darah meningkat diatas nilai normal. Gula yang berlebihan inilah yang menimbulkan masalah sehingga memunculkan gejala - gejala diabetes melitus yang dapat kita amati.

Gejala yang muncul akan bervariasi tergantung dengan kadar gulanya, yakni semakin tinggi kadar gula darah semakin berat gejalanya, dan secara umum inilah yang merupakan gejala diabetes melitus atau kencing manis yang harus kita waspadai, diantaranya sebagai berikut :
  1. Sering buang air kecil
  2. Kulit terlihat kering
  3. rasa haus yang berlebihan
  4. Mudah lemah dan lemas
  5. Penglihatan menjadi kabur
  6. Jika terjadi luka akan lama sembuhnya
  7. Rada lampat yang ekstrim / gampang lapar
  8. Jika terjadi infeksi lebih parah dari biasanya
  9. Kesemutan atau mati rasa pada kaki dan tangan
  10. Penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan

  • Sering haus dan buang air kecil
Peningkatan glukosa darah yang menyebabkan peningkatan ekskresi glukosa oleh ginjal. Glukosa memiliki sifat hidrofolik atau menarik air sehingga psien diabetes akan mengalami gejala sering buang air kecil. Karena banyak air yang terbuang maka tubuh akan meresponnya dengan peningkatan rasa haus dan sering buang air kecil dikeluhkan ketika malam hari saat tidur.

  • Gampang lapar, Mudah lelah dan Penurunan berat badan 
Kelelahan dan penurunan berat badan juga berkaitan dengan hiperglikemia (glukosa darah tinggi), tanpa adanya insulin seperti diabetes melitus tipe 1 atau penurunan insulin pada diabetes tipe 2, Glukosa tidak bisa masukke dalam sel padahal glukosa merupakan energi yang membuat penderita akan mudah lelah, lemas dan berat badan cenderung turun.

  • Kulit kering dan gatal
Sel sel kulit normal membutuhkan gamma-linolenat yang diproduksi tubuh melalui proses metabolisme yang kompleks. Pada orang tua dan penderita diabetes proses ini terganggu sehingga produksinya menurun bahkan kurang.

Sebagai akibatnya kulit menjadi sangat kering dan gatal kronis yang berlangsung lama. Apalagi dapat dipengaruhi oleh sabun, mandi air panas, deterjen, dam kondisi lingkungan terutama di musim dingin.
  • Penglihatan menjadi kabur
Gejala diabetes bisa juga mempengaruhi pada mata karena penyebabnya adalag glukosa darah yang tinggi. Glukosa yang tinggi akan meningkatkan proses aterosklerosis yang membuat pembuluh darah menebal.

Hal ini terjadi di berbagai organ tubuh namun biasanya dimulai pada retina mata, ginjal dan jantung. Beberapa pembuluh darah tersumbat dan mati dan yang tersisa menjadi bocor yang memungkinkan darah dan lemak merembes keluar dari pembuluh darah yang rusak. Dan hal ini membuat retina berdarah dan membengkak yang menyebabkan penglihatan kabur, dan dalam beberapa kasusu diabetes juga dapat menyebabkan kebutaan total.
  • Kesemutan atau mati rasa pada tangan dan kaki
Kesemutan atau mati rasa pada tangan dan kaki adalah salah satu gejala diabetes melitus yang sering muncul dan bahkan sering pertama kali dikeluhkan. Secara normal tangan dan kaki kita dipasok oleh neuron atau sel saraf. 

Namun karena pembuluh darah diabetes menjadi tebal, maka akibatnya pasokan darah ke neuron menurun sehingga mempermudah kerusakan atau degenerasi serabut saraf periferatau saraf tepi seluruh tubuh yang sering menyebabkan kurangnya rasa baal pada kaki dan tangan yang seringkali disertai dengan kesemutan. Jika yang terserang adalah seraput motorik maka akan menyebabkan kelemahan otot.
  • Luka yang lama menyembuh atau sering terjadi infeksi
Bakteri sangat suka dengan gula, oleh karena itu diabetes mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menyembuhkan dan melawan infeksi. Infeksi saluran kemih dan infeksi jamur vagina bisa menjadi salah satu masalah khusus bagi perempuan.

Beberapa orang mungkin mengalami hanya beberapa gejala diabetes yang tercantum diatas. Sekitar 50 persen orang dengan diabetes tipe 2 malah tidak akan mengalami gejala apapun dan tidak tahu bahwa mereka memiliki diabetes melitus dan oleh karena itu cek gula darah secara rutin sesuai petunjuk dokter dan berkonsultasilah jika anda mengalami salah satu atau beberapa gejala diabetes diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar